Respon Bencana Puting Beliung Solok Selatan

Kebencanaan, | Wed 09/2019 09:05:55
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SOLOK SELATAN- Angin puting beliung yang terjadi di Kec. Pauah Duo, Kab. Solok Selatan, Sumbar pada hari Jumat lalu (06/09/2019) menyebabkan 3 nagari terdampak bencana. Data sementara yang di peroleh dari Sohibul Izar, Walinagari Luhak Kapau memaparkan bahwa di Nagari Luhak Kapau terdapat 40 unit rumah rusak, dengan rincian: 5 unit rumah rusak berat, 6 unit rumah rusak sedang, dan 29 unit rumah rusak ringan.

Nagari Pauah Duo Nan Batigo terdapat 11 unit rumah mengalami kerusakan; 4 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak sedang, dan 5 unit rumah rusak ringan. Sedangkan di Nagari Kapau Alam Pauah Duo terdapat 37 unit rumah mengalami kerusakan, dengan rincian: 24 unit rumah rusak sedang dan 13 unit rumah rusak ringan.

Rata - rata setiap rumah mengalalami kerusakan pada bagian atapnya, karena diterbangkan angin, dan beberapa rumah juga ada yang tertimpa pohon. Menindaklanjuti kejadian tersebut, Dompet Dhuafa Volunteer Sumbar bersama Dompet Dhuafa Singgalang menurunkan 7 orang relawan ke lokasi untuk melakukan asssement lanjutan.

Rizki Ikhwan selaku koordinator lapangan menyampaikan, "Hari ini kita berangkat ke lokasi kejadian pukul 17.00 Wib, insyaAllah kita akan konfirmasi ulang data yang di peroleh, penyaluran, PFA untuk masyarakat dan anak - anak terdampak, lalu pemasangan terpal sementara di rumah warga," ujarnya.

Untuk sementara ini sudah dilaksanakan penyaluran berupa seng 1 kodi untuk bantuan fasilitas umum, nantinya akan disalurkan untuk perbaikan atap Masjid Lamo Hidayatul Qubra, dan seluruh tim DDVB Sumbar juga ingin mesurvei lebih lanjut dampak dari bencana puting beliung. (Sitrep Tim Respon Bencana DDV Sumbar).