Maksimalkan Program Kopi Sirukam, DDS Bangun Seluruh Fasilitas Pengelolaan Kopi

Ekonomi, | Fri 08/2019 09:38:05
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Maksimalkan Program Kopi Sirukam, DDS Bangun Seluruh Fasilitas Pengelolaan Kopi

Sirukam, Kab. Solok- Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) terus berupaya memaksimalkan pemberdayaan Petani Kopi Solok, terkhusus petani di Jorong Kubang Nan Duo, Sirukam, Kab. Solok pada hari Jum'at (23/08).

Saat ini, tim DDS yang berkolaborasi dengan Koperasi Solok Radjo akan membangun seluruh fasilitas pengolahan kopi, mulai dari tempat penjemuran, pulper, dan huller serta fasilitas pendukung lainnya. "Fasilitas pengolahan kopi ini kami targetkan akan selesai akhir bulan September ini," ucap Eki selaku Tim Program Ekonomi DDS.

Dari fasilitas pengolahan tersebut, diharapkan petani bisa mengolah langsung cherry (buah kopi) yang mereka panen menjadi greenbeans. Permintaan greenbeans kopi Solok ini sangat tinggi, baik untuk pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. Jika ditotal keseluruhan lebih dari 25 ton greenbeans yang belum terpenuhi.

DDS sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Kemanusiaan yang terkemuka di Sumatera Barat terus memaksimalkan seluruh potensi yang ada di Sumatera Barat. Mulai dari pertanian, perkebunan, peternakan, dan potensi lainnya.

"Kami menjadikan dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) yang disalurkan melalui DDS menjadi lebih produktif dan manfaatnya maksimal, contohnya pemberdayaan petani kopi solok ini. Kedepannya kami terus berupaya mengembangkan program unggulan lainnya," ucap Hadie Bandarian Syah selaku Pimpinan DDS. (Eki)