DDS Terus Kembangkan Program Kopi Sirukam Secara Suistainable

Ekonomi, | Fri 07/2019 17:00:48
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SIRUKAM, SOLOK- Pengembangan dan monitoring program ekonomi kopi Solok Sirukam terus berlanjut, pada Jumat (12/07/2019) Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) melakukan agenda pembagian bibit kopi kepada petani di Sirukam. Kemudian hari ini Kamis (25/07/2019) DDS kembali adakan beberapa agenda bersama petani kopi Sirukam.

Eki Riwanto selaku Pendamping Ekonomi DDS mengatakan, beberapa agenda sudah disusun untuk kelancaran program di Sirukam. "Saat ini kita dari DDS sudah membagikan bibit kopi lebih kurang 6000 batang bibit kopi kepada 25 orang petani kopi di Sirukam, dan bibit ini langsung di tanam oleh para petani," pungkas Eki saat dihubungi Markom DD Singgalang via handphone. Kamis (25/07/2019).

Kemudian Eki menerangkan, dalam waktu dekat akan di bangun lahan untuk pengeringan kopi, "Insya Allah Agustus ini kita akan membangun tempat pengeringan kopi, pondok pertemuan untuk agenda rapat, pendirian pulper house, setelah itu kita langsung lounching program " kata Eki.

Hadie Bandarian Syah selaku Pimpinan Cabang DDS menerangkan, ada beberapa agenda yang diadakan hari ini, yaitu pembentukan struktural kelompok petani kopi, "nama kelompok yang telah kita sepakati adalah Cirubuih Indah Nan Jaya, jajaran struktur ini terdiri dari 25 anggota, 1 pendamping, dan perwakilan dari DDS 3 orang," ujar Hadie.

Hadie berharap dengan dibentuknya kelompok petani kopi Sirukam ini akan membawa dampak positi, "semoga menambah kekompakan kelompok, semakin terjalin silaturrahmi, dan semoga bisa mewujudkan cita-cita kita bersama, yaitu dari mustahik dan muzakki," harap Hadie.

Salah seorang petani kopi Darwami berharap, bibit kopi yang di tanam dapat menuai hasil yang maksimal, "semoga kualitas bibit kopi ini bagus dengan diadakannya bimbingan dari DDS, saya berharap bisa pergi umroh nantinya," harap Darmawi. (Nas)