Ramadhan 1440 H, DDS Himpun Donasi 1,2 M dengan Total 15.071 Penerima Manfaat

Pendidikan, | Fri 06/2019 12:01:47
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PADANG- Ramadhan 1440 H telah berlalu, segala bentuk amalan selama satu bulan penuh menjadi gambaran untuk kita mengkonstruksi diri untuk menyambut Ramadhan berikutnya selama 11 bulan mendatang.

Alhamdulillah, untuk tahun ini progres Dompet Dhuafa Singgalang  (DDS) dalam pengolaan penerimaan dan penyaluran manfaat dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Waqaf (ZISWAF) yang di amanahi masyarakat selama Ramadhan 1440 H mengalami peningkatan yang cuku signifikan dari tahun sebelumnya.

 Dompet Dhuafa Singgalang Alhamdulillah sukses mengumpulkan donasi sejumlah Rp. 1.205.884.308,-, ini merupakan suatu kemajuan yang besar dibanding tahun lalu yang hanya mampu mengumpulkan donasi sejumlah Rp. 849.051.160,-    

Dan kali ini, bentuk penyaluran dan ZISWAF selama Ramadhan sangat beragam kedalam bentuk penyaluran beberapa program, seperti Patungan Ramadhan yang terdiri dari: paket Rumah Singgah Pasien total penerima manfaat  (PM) 150, paket Belanja Bareng Yatim total 81 orang PM, paket Buka Puasa Dhuafa 580 PM, paket THR Dhuafa 140 PM.

Disamping bentuk program Patungan Ramadhan, DDS juga menyalurkan zakat fitrah beras kepada 1000 PM, kemudian DDS juga sukses mengadakan acara Grebek Kampung di dua tempat di Sumatera Barat, pertama di daerah Simawik, Kec. Sumpur Kudus, Kab. Sijunjung dan di Pauh, Kota Padang, total 890 orang PM selama acara Grebek Kampung. Dalam acara Grebek Kampung, turut diselenggarakan acara Pasar Berkah dengan total 300 PM.

Selama Ramadhan 1440 H DDS juga menyalurkan paket Rantang-Renteng kepada 11.700 PM. Program Rantang-Renteng ini juga ikut di dukung dan di sukseskan oleh beberapa pihak diantaranya Komunitas Ummu Hijrah (KUHP) Padang, Ampera Takana Ajo, Hotel Rangkayo Basa, Bofet Rajawali, dan Yayasan UPZ FK Unand. Penyalurang program Rantang-Renteng disalurkan dibeberapa titik di kota Padang selama Ramadhan dan tim Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sumbar ikut menyalurkan paket rantang-renteng.

DDS juga telah menyalurkan paket Parsel Ramadhan sebanyak 130 paket. Dalam Ramadhan ini YBM PLN UP2B Sumbagteng bekerja sama dengan DDS dalam penyaluran paket Muslimah Tangguh untuk 40 PM, Marbot (Fisabiilillah) untuk 40 PM, dan Gharimin untuk 20 PM.

Tebaran daerah penerima manfaat pada Ramadhan 1440 H Alhamdulillah mencakup seluruh wilayah kabupaten/kota di Sumatera Barat. Jika ditotalakan keseluruhan, penerima manfaat dari penyaluran dana ZISWAF Ramadhan ini mencapai lebih dari 15.071 orang yang terbantu lewat donasi yang dipercayakan oleh seluruh donatur dan mitra kepada DDS.

"Terimakasih kepada seluruh donatur dan mitra yang telah mempercayakan penghimpunan dan penyaluran Zakat, Infak, Sedekah, dan Waqafnya (ZISWAF) melalui lembaga Dompet Dhuafa Singgalang. Kami berharap seluruh donatur, mitra saling bersinergi dalam mengentaskan kemiskinan di Sumatera Barat bisa terus berlanjut," harap Hadie Bandarian Syah selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang.

"Semoga lebih banyak lagi donatur yang berzakat, infak, sedekah, dan wakaf di Dompet Dhuafa Singgalang, Hadie berharap semua donasi yang telah disalurkan bisa bermanfaat," tutur Hadie. (Nas)