Dompet Dhuafa Singgalang Semarakkan Program Rantang-Renteng Pada Ramadhan 1440 H

Sosial, | Wed 05/2019 11:19:46
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PADANG- Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh kaum muslimin di seluruh penjuru dunia. Bulan penuh berkah ini merupakan momentum yang tepat untuk menambah berbuat kebaikan bagi sesama. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Singgalang.

Ramadhan ke 1440 H ini Dompet Dhuafa Singgalang mengadakan acara berupa program Rantang-Renteng, konsep program ini berupa berbagi takjil dan nasi bungkus untuk berbuka puasa bagi dhuafa, anak yatim/piatu, dan masyarakat umum. Dibantu oleh Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) dan Komunitas Ummi Hijrah Padang (KUHP), dan Bagian Kerohanian RSUP M.Djamil Padang.

Kegiatan bertema #PaketRamadhan Rantang-Renteng ini diinisiasi oleh Dompet Dhuafa Singgalang, pada tahun ini Komunitas Ummu Hijrah Padang (KUHP) ikut mensupport dan membantu terselenggaranya Program Rantang-Renteng ini, program ini akan dilaksanakan selama Ramadhan pada 9 titik di kota Padang.

Acara Rantang-Renteng berbagi takjil dan nasi bungkus ini dilaksanakan pada Senin (06/05/2019) mulai dari pukul 16.00 WIB-selesai. Dalam Ramadhan ini penyaluran program Rantang-Renteng berada dibeberapa titik di kota Padang, ada di Jl. Ir. H. Juanda, Padang Barat (Depan Masjid Al Bahrain), di RSUP M.Djamil Padang, dan di RS. Rasyidin By Pass. Untuk hari pertama ini, mobil Rantang-Renteng beroperasi di dua titik, di Jl. Ir. H. Juanda dan di RSUP M.Djamil Padang.

Saat dikonfirmasi Fera Zora selaku Manajer Program Dompet Dhuafa Singgalang menyampaikan, Rantang Renteng berbagi takjil dan nasi bungkus sebagai salah satu program Dompet Dhuafa Singgalang setiap bulan Ramadhan.

"Ada 400 bungkus takjil dan nasi bungkus yang di bagikan, tujuan kita ingin berbagi kepada sesama di bulan yang penuh berkah ini agar kita selalu diberi keberkahan dalam mengarungi hidup," Tutur Fera.

Untuk mendapatkan paket makanan untuk berbuka puasa ini, penerima manfaat cukup hanya dengan membayar seharga Rp 2.000,- maka sudah mendapat paket lengkap yang berisi nasi beserta lauk pauk dan takjil. Sasaran penerima manfaat dari program ini adalah dhuafa, yatim piatu, dan masyarakat umum.

Salah seorang yang mendapat paket Rantang-Renteng Budi mengatakan. Takjil dan nasi bungkus di hari pertama puasa ini di sambut baik di pasar pagi, yang di jual hanya Rp. 2000,- untuk berdonasi.

"Saya sangat senang dan berterimakasih dengan adanya acara ini, takjil ini bisa dijadikan bekal untuk menyegerakan berbuka puasa. Semoga yang memberikan takjil ini diberi panjang umur, diberi kesehatan oleh Allah Swt. dan tahun depan bisa bertemu lagi. Semoga tahun depan ada lagi acara berbagi takjil seperti saat ini”, pungkas Budi salah seorang yang mendapat paket Rantang-Renteng.

Tidak hanya di Pasar Pagi jalan, di hari yang sama Rantang-Renteng juga diadakan RSUP M. Djamil Padang. Berlokasi di samping ruangan THT, Mata dan Saraf. Di tempat ini juga diadakan berbagi takjil dan nasi bungkus untuk keluarga pasien disana.

Dari KUHP (Komunitas Ummi Hijrah Padang) ikut memberikan support dalam membantu terselenggaranya program Rantang-Renteng Dompet Dhuafa Singgalang.

"Alhamdulillah dan terimakasih Dompet Dhuafa Singgalang mau bekerja sama dan semoga program dalam 1 bulan ini berjalan dengan baik, saya berharap program ini tidak putus," ujar Ummi Heni salah seorang anggota KUHP.

Rasa kepedulian terhadap sesama sangat penting ditanamkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun dalam program Rantang Renteng berbagi takjil dan nasi bungkus yang dibagikan nilainya tidak seberapa, namun mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sesama.

#JanganTakutBerbagi, program Rantang-Renteng juga mengajak seluruh pihak untuk ikut bersama-sama saling bersinergi untuk membentang kebaikan, terutama di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini. Bapak-Bapak/ Ibu-Ibu juga bisa turut andil menyisihkan donasinya ke Dompet Dhuafa Singgalang, selama Ramadhan 1440 H ini program Rantang-Renteng akan diselenggarakan dibeberapa titik di kota Padang. Mari #SalingMendukungSalingMenguatkan. (Nurul)

Rekening donasi:
BNI Syariah 234.66666.6
Nagari 2100.0105.00297.1
Mandiri 77.333.222.11
a.n Dompet Dhuafa Singgalang

#JanganTakutBerbagi
#Ramadhan1440H
#RamadhanKareem
#Jangantakutberzakat